Tuesday, November 17, 2015

Potensi Indonesia dan Generasi Muda


Untuk berbagai alasan, kali ini saya ingin bersyukur bisa dilahirkan di Indonesia. Saya menulis ini karena berbagai alasan, baik karena pelajaran Ekologi yang saya ambil, sistem teknologi di Jerman, maupun cerita teman-teman saya dari negara lain. Bisa saya bilang, Indonesia memangmemiliki      potensi yang amat luas.

Dari unsur energi, Indonesia memiliki potensi yang melimpah! Hmm, coba kita pisahkan dulu pikiran mengenai potensi minyak dan bahan bakar fosil lainnya. Minyak memanglah kebutuhan kita, tetapi dampak ke depannya juga perlu kita pikirkan.

Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga sirkulasi air negara ini berjalan dengan baik yang berarti kita memiliki potensi PLTA yang besar. Lalu, Indonesia juga memiliki potensi tenaga surya yang melimpah dengan cahaya matahari yang menyinari sepanjang tahun. Sayangnya, kita belum bisa memanfaatkan ini dengan maksimal dibanding negara barat yang potensi mataharinya lebih sedikit dair kita.

Indonesia juga berpotensi untuk memiliki sistem pengolahan limbah yang baik seperti untuk produksi biogas karena negara ini memiliki suhu yang stabil dan hangat, sehingga bakteri dalam proses produksi biogas dapat bekerja dengan baik. Kemudian, Indonesia juga memiliki beberapa potensi energi lainnya seperti angin dan pasang surut air laut.

Kemudian, Indonesia juga dapat menghasilkan makanan yang melimpah. Agribisnis Indonesia berpotensi untuk menghasilkan makanan yang amat banyak karena Indonesia disinari cahaya matahari sepanjang tahun dan sumber air yang melimpah. Potensi perikanan Indonesia juga tidak kalah besar. Tak perlu menyebutkan statistik, Indonesia memiliki laut yang sangat luas untuk ‘digali’. Peternakan sapi, ayam, dan ikan air tawar Indonesia juga sangat mendukung perekenomian kita.

Sebenarnya, Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang besar juga. Keaktifan dan gerakan pemuda di Indonesia merupakan salah satu harta negara ini yang akan sangat berguna beberapa tahun ke depan. Memang, seringkali negara ini cenderung konservatif atau belum terbuka dan masyarakatnya masih kurang bermental produktif. Tetapi, negara ini memiliki harapan yang besar juga.

Terakhir, saya teringat dengan lagu Koes Plus - “Kolam Susu” yang berlirik: “Orang bilang tanah kita tanah surga. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman.” Memang tidak mungkin, tetapi itu menggambarkan betapa hebatnya tanah ini. Bahkan, ada pula yang mencocok-cocokkan Indonesia dengan “Atlantis”, kota mitologi Yunani yang ­­hilang namun dibilang sangat subur dan indah. Percaya atau tidak, bisa saja ada relasi keduanya. Yang terpenting, ini menunjukkan bahwa kita mempunya aset yang berharga. Tinggal kita lah, sebagai generasi muda, harus bisa membawa negara ini ke arah yang lebih baik. :) #GenerasiEmasTahun2045

No comments:

Post a Comment