Monday, August 10, 2015

Smart Phone, Smart People

Hai, sobat!

Disini saya ingin membicarakan tentang "Smart Phone, Smart People". Kita sering mendengar celetukan "Smart Phone, Stupid People" yang berupa sindiran bahwa manusia saat kini memiliki handphone cerdas (smartphone) nan canggih yang justru membuat diri mereka semakin bodoh. 

Ini dikarenakan penggunaan smartphone yang sering tidak sesuai baik tempat maupun lamanya penggunaan. Maraknya media sosial dalam kehidupan bermasyarakat membuat kita terikat dengannya dan membuat kita cenderung lebih anti-sosial. Kita lupa akan untuk bersosial karena adanya permainan menarik atau aplikasi sejenis di gadget kita.

Tapi, saya sendiri kurang setuju bahwa dengan memiliki smartphone, secara otomatis kita menjadi stupid people atau menjadi lebih bodoh. Seperti tujuan pembuatannya, smartphone ditujuan untuk membantu kehidupan kita sehari-hari. Jika digunakan dengan bijak, penggunaan smartphone justru dapat membuat orang menjadi lebih produktif.  
 

Dan, disini saya akan memberikan beberapa tips, sehingga penggunaan smart phone kita justru bisa membuat kita menjadi smart people. Cekidot!

1. Perbanyaklah aplikasi yang produktif atau bermanfaat.

Di Playstore banyak banget bisa bikin kita produktif. Kalo kalian muslim, kalian bisa download Muslim Pro atau semacamnya. Setidaknya ini bakal menggugah kita untuk baca Al-Qur'an atau lainnya. Dan mungkin untuk agama lain juga ada kok.

Banyak juga aplikasi informatif yang bakal kadang kita butuhin. Yang pertama itu kamus. Pilihannya lengkap banget dari sesama bahasa, antar bahasa, online, sampai offline. Terus, saya juga punya folder aplikasi "Emergency" dimana isinya ada PMI First Aid, Siaga Bencana, Yellow Books, dll. 

Selain itu, saya juga punya folder aplikasi "Science Geek" dimana latihan dan belajar sains dari situ. Emang gak selengkap buku, tapi ada yang asik dan melatih juga kok kayak Chemistry Quiz.
Di bidang lain banyak juga kok aplikasi yang berhubungan seperti masak, musik, seni, atau semacamnya. Intinya, bikin hape itu seproduktif mungkin ya!

2. Matikan atau kurangi pemakaian smartphone di saat berkumpul dengan yang lain.

Fokuskan diri kalian pada pembicaraan dan nikmatilah waktu bersama. Ini memang susah, termasuk saya juga apalagi jika pembicaraannya membosankan. Tetapi, ingatlah bahwa media sosial seharusnya membuat kita lebih sosial, bukan anti-sosial! 

Sedangkan, kalo di tempat umum, saya sendiri memiliki pendapat pribadi kalo itu oke saja dan sangat bagus kalo bisa dibawa produktif seperti baca koran, Al-Qur'an, dll. Tapi, harus tahu situasi dan kondisi! Jangan sampai kalian ganggu atau menghambat orang lain. Atau malah cuek kalau ada apa-apa di sekitar kalian. 

3. Kurangi aplikasi yang kamu tidak butuh.
 
Kebanyakan dari aplikasi media sosial/chatting hanya menggoda kita untuk membuang-buang waktu membaca timeline yang itu-itu saja. Kadang kita memang ingin bergaul atau semacamnya, tapi batasilah. Gunakan sebisa mungkin apa yang kamu butuh saja. Selain itu, mulai dihapus-hapus saja. Dengan ini, kamu akan membutuhkan lebih sedikit waktu dalam menggunakannya :)

Begitu pula dengan aplikasi seperti games dan hiburan. Kedua itu emang terkadang butuh, tapi kebanyakan kita justru kecanduan dan lupa waktu. Nah, coba dikurang-kurangi. Saya sendiri cuma memiliki 1 games di handphone saya yaitu Magic Touch agar tidak bosan ketika menunggu. Kurangi juga games yang seperti Clash of Clan karena bakal bikin kecanduan. Pernah juga make, tapi gak lama karena hampir kecanduan juga hehe

4. Pergunakan aplikasi dasar sebaik mungkin.

Biasanya setiap HP sudah menyediakan aplikasi-aplikasi dasar yang bakal berguna, seperti notes, ­e-mail, dan PDF reader. Kita bisa maksimalin penggunaan aplikasi-aplikasi ini. Catat hal-hal yang kamu rasa perlu, seperti to do list, daftar ide, quotes favorit, wishlist, goals, dan lain-lain sehingga kamu bisa produktif tanpa repot membuka buku catatan. Kalian bisa subscribe ke web-web bagus sehingga kamu tinggal membukanya via email.  Perbanyak juga koleksi e-book kalian sehingga bisa kalian baca kalo ada waktu kosong.


Intinya, memiliki smartphone itu tidak salah dan tidak membodohkan. Ada banyak cara baik yang telah saya sebutkan maupun tidak yang bisa membuat kita produktif dengan HP. Ini kembali kepada apakah penggunaan HP kita bijak atau tidak.

Jadi, kalian mau jadi bagian Stupid People atau Smart People? ;D
(Bayu)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalo ada kritik dan saran, langsung disampaikan aja di bagian komentar ya!


No comments:

Post a Comment