Sunday, April 19, 2015

Give Blood, Give Life

Ya, betul yang saya akan bahas adalah mengenai Donor Darah.


Apa itu donor darah? Donor darah adalah sebuah tindakan dimana seseorang dengan sukarela memberikan sebagian darahnya (pada umumnya 350 ml)  untuk disimpan dan digunakan orang untuk kebutuhan medis.

Apa saja syarat untuk melakukan donor darah? Gampang kok! Di Indonesia, syarat umumnya adalah berusia minimal 17 tahun dengan kondisi tekanan darah normal, bebas infeksi, memiliki berat badan minimal 50 kg, dan tidak mengalami kondisi medis tertentu pada waktu dekat. Tambahan bagi perempuan adalah tidak menghalami haid atau hamil.

Bagaimana sih rasanya? Gak sakit kok! Tahap-tahapnya kan kita dicek dulu tensi kita, lalu hemoglobin kita. Tes hemoglobin-nya gak keras kok haha. Kalo transfusi darahnya, sakitnya cuma diawal doang, itu pun kecil. Setelahnya, kita tinggal tunggu darah kita keambil sampai jumlah yang ditentukan deh.

Emang apa sih manfaatnya? Banyak! Pertama, mencegah akumulasi zat-zat berbahaya di dalam tubuh. Kedua, menurunkan resiko penyakit jantung. Ketiga, memperbaiki kondisi tubuh jika dilakukan berulang, seperti denyut jantung, kadar glukosa darah, tekanan darah, dan lain-lain.

Walau dilakukan secara sukarela, pada umumnya kita juga diberi makanan dan minuman gratis lho! Hehe. Bahkan di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, kita juga dibayar! Besarannya dari $25 hingga $50 lho. Mantap kan?

Dan yang paling penting nih ya, kita dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Dalam 1 kali donor darah, kita bisa menyelamatkan hingga 3 orang lho!

Seberapa sering sih kita bisa donor darah? Di Indonesia sendiri, kita diperbolehkan donor darah lagi 3 bulan setelah donor darah sebelumnya. Di negara lain, ada yang memperbolehkan kita donor darah setiap 8 minggu, seperti di Amerika Serikat.

Kita juga bisa dapat penghargaan lho dari donor darah ini! Penghargaan ini bisa kita dapat setelah 15 kali, 30 kali, 50 kalo, 75 kali, dan 100 kali donor. Jika kalian berkomitmen untuk donor darah setiap 3 bulan setelah cukup umur, dalam usia 42 tahun kalian sudah bisa dapat penghargaan 100 kali donor! Jika kalian mencari tempat donor, bisa cek di http://ayodonor.pmi.or.id/page/jadwal/

(Niatnya upload foto kartu donor darah baru, maklum pertama kali. Tapi nyusul ya! Hehe)

Jadi, buat apa lagi kita gak donor darah? 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PS: Bagi warga Bekasi, kalian bisa donor darah lho sambil jalan-jalan ke mal! Lokasinya di Metropolitan Mall Bekasi Lt. 3 dekat Platin*m. Nama tempatnya Galeri PMI. Ayo mulai donor darah!

No comments:

Post a Comment